Rabu, 29 Januari 2014

Gatal Tidak Perlu Di Garuk Coba Kelabui Otak Anda

palingunik1.blogspot.com, Menggaruk kulit yang sedang terasa gatal memang tidak dianjurkan. Selain memicu iritasi, pada kondisi tertentu garukan pada bagian yang gatal bisa memperparah kondisi dan memicu infeksi. Lalu bagaimana mengakalinya?

Jika tersedia bedak anti gatal dan bagian yang terasa gatal memungkinkan untuk ditaburi bedak, mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah. Lain halnya jika yang gatal adalah bekas luka yang belum benar-benar kering, menaburkan bedak tentu tidak mudah.

Para ilmuwan di Jerman mengungkap persepsi otak terhadap rasa gatal bisa dimanipulasi. Gatal bisa dihilangkan tanpa harus menggaruk permukaan kulit yang merasakannya, ataupun menaburkan bedak anti gatal di tempat tersebut. Caranya cukup dengan cermin.

"Cermin bisa memberikan alternatif cara untuk meredakan gatal," tulis para peneliti dalam laporan ilmiahnya seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (29/1/2014).

Untuk membuktikan hal tersebut, para ilmuwan dari University of Lubeck di Jerman menyuntikkan senyawa histamin atau memicu gatal di salah satu lengan para relawan. Suntikan itu memicu ruam dan gatal di salahs atu lengan. Agar mirip, lengan yang satunya dilukis agar tampak seperti ada ruam.

Pada percobaan pertama, ilmuwan menggaruk lengan relawan yang tidak terasa gatal. Tidak ada efek, sementara saat ilmuwan menggaruk lengan yang gatal maka rasa gatalnya sedikit mereda. Artinya, garukan cukup efektif meredakan rasa gatal.

Percobaan kedua dilakukan dengan meletakkan cermin di antara kedua lengan. Para relawan dilarang melihat langsung lengan yang gatal, tetapi hanya boleh melihat pantulan lengan yang tidak gatal melalui cermin.

Para ilmuwan pun menggaruk lengan yang tidak gatal, sementara para relawan memperhatikan pantulannya sambil membayangkan bahwa bayangan tersebut adalah lengan yang terasa gatal. Ajaib, para relawan mengaku gatal yang dirasakannya berkurang!
Title: Gatal Tidak Perlu Di Garuk Coba Kelabui Otak Anda; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.