Kamis, 27 Februari 2014

Waw Guru Yang Mengajar Anak Ngaji Ini Adalah Robot

Belajar adalah satu kewajiban bagi seluruh umat manusia yang ingin hidupnya lebih mudah, karena orang berilmu segala masalah dapat diatasi dengan ilmu, dan untuk mendapatkan suatu ilmu memang harus melalui belajar. Proses belajar tentunya banyak sekali kendala yang jadi beban pikiran juga waktu, dan mudah atau sulit suatu ilmu yang dipelajari tergantung taraf kecerdasan otak, seseorang yang sulit menerima soal, baiknya belajar dari yang paling ringan.
Lalu bagaimana jika belajar mengaji Al-Quran tetapi yang mengajari robot? nah inilah terobosan baru dari seorang guru ngaji berasal Iran, yang mendapat inspirasi dari seorang anak perempuan tengah asyik bermasa bonekanya.
Dia menciptakan sosok robot humanoid yang diklaim sebagai guru mengaji untuk anak-anak.
Guru yang biasa disapa Akbar Rezai berusia 27 tahun ini, merupakan seorang guru sekolah dasar Alborz, di kota Varamin, Iran.
“Ketika melihat seorang anak perempuan yang begitu fokus terhadap bonekanya, saya timbul ide untuk membuat sesuatu yang disukai anak-anak dan bisa membantu anak-anak belajar,” kata Rezai.
Robot yang diberi nama Veldan ini dirancang khusus, selain untuk belajar mengaji juga memberi tuntunan gerakan shalat, dan robot yang di beri nama Veldan itu adalah sebuah nama yang diambil dari bahasa Arab, artinya Pemuda surga.
Robot hasil ciptaan guru Rezai itu hanya dibangun dengan peralan sederhana, dan tentunya dipadu dengan menggunakan alat robot untuk pendidikan dari pabrik robot Korea,
Sebelumnya untuk bisa membuat robot tersebut, Guru Rezai ikut belajar sekelas privat, guna mengetahui lebih jauh tentang tehnik dalam program elektornik, termasuk cara merancang robot, dan usahanya untuk mewujudkan keinginannya dalam menciptakan sebuah robot menuai hasil.
Robot islam yang mampu memberikan contoh-contoh dalam menjalankan aktifitas islami, seperti gerakan bersujud, dan berdo’a.


Title: Waw Guru Yang Mengajar Anak Ngaji Ini Adalah Robot; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.